ISNU Surabaya dan STPro Gelar Webinar Eksplorasi ChatGPT untuk Penelitian


Surabaya, 3 September 2023 - Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Surabaya dan Science Techno Progressive (STPro) menggelar webinar dengan tema "Eksplorasi ChatGPT dan Optimalisasinya untuk Penelitian" pada hari Sabtu, 2 September 2023 secara daring melalui zoom meeting.

Webinar ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari akademisi, peneliti, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada para peserta tentang ChatGPT dan bagaimana cara mengoptimalisasinya untuk kegiatan penelitian.

Pada webinar ini, menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Abdul Munif, S.Kom., M.Sc., Dosen Teknik Informatika ITS Surabaya, dan Dini Adni Navastara, S.Kom, M.Sc., yang juga merupakan Dosen Teknik Informatika ITS Surabaya.

Abdul Munif menyampaikan materi tentang "Optimalisasi Penggunaan ChatGPT untuk Kegiatan Penelitian". Dalam materinya, Abdul Munif menjelaskan bahwa ChatGPT merupakan model bahasa besar yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk penelitian. ChatGPT dapat digunakan untuk membantu peneliti dalam berbagai proses, seperti pengumpulan data, analisis data, dan penulisan laporan penelitian.

Sementara itu, Dini Adni Navastara menyampaikan materi tentang "Konsep Natural Language Processing (NLP) pada ChatGPT". Dalam materinya, Dini Adni Navastara menjelaskan bahwa ChatGPT menggunakan teknik natural language processing (NLP) untuk memahami dan menanggapi bahasa manusia. NLP adalah bidang ilmu komputer yang mempelajari bagaimana komputer dapat memahami dan mengolah bahasa manusia.


Acara webinar ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Pada akhir acara, moderator Nabila Kartika P, S.Sr.T dari STPro memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya kepada narasumber.

Para peserta mengaku sangat terbantu dengan materi yang disampaikan oleh kedua narasumber. Mereka berharap webinar ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan tentang ChatGPT dan cara mengoptimalisasinya untuk kegiatan penelitian.

Rekaman webinar tersebut dapat diikuti pada akun youtube ISNU Kota Surabaya berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=THbc-WKShhM


0 Komentar